Friday, July 31, 2009

ACNE MANAGEMENT SOLUTION (AMS)


Pertanyaan :

Nama saya Desi di Dumai, 30 tahun. Saya memiliki jerawat diwajah. Bekas-bekasnya juga banyak. Wajah saya jadi tidak rata permukaannya, banyak yang bolong-bolong. Kemudian bekas-bekas hitam. Saya sudah mencoba berbagai macam produk, tetapi jerawat tidak kunjung hilang. Setiap bulan selalu muncul yang baru. Bagaimana ya dok caranya supaya wajah saya bersih dari jerawat. Apakah tekstur kulit saya bisa kembali halus seperti semula. Terima kasih

Jawaban :

Terima kasih ibu Desi atas pertanyaannya. Semua orang dalam hidupnya pasti pernah bermasalah dengan jerawat. Sebagai kondisi kulit yang paling umum, jerawat sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, namun banyak yang belum tahu cara penanganan yang tepat. Untuk itu, anda perlu tahu dulu, apa itu jerawat dan penyebabnya.

Penyebab jerawat sendiri sebenarnya adalah kombinasi dari beberapa factor, termasuk factor hormonal dan bakteri. Saat perubahan hormonal terjadi, contohnya saat pubertas atau kehamilan, produksi sebum meningkat. Peningkatan sebum ini berpotensi membuat pori-pori tersumbat, sehingga akhirnya sebum tidak bisa keluar dan terjebak didalam kulit. Hal ini disebut blackhead/whitehead (komedo).

Blackhead mempunyai ujung yang terbuka sehingga sebum dilapisan atas teroksidasi menjadi hitam dan terlihat seperti pori-pori yang menghitam. Sedangkan whitehead mempunyai lapisan kulit diatas pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan kecil dibawah kulit. Jika bakteri masuk kepori-pori tersebut, maka akan terjadi inflamasi yang menyebabkan blackhead/whitehead tersebut bengkak dan tidak jarang bernanah sehingga terjadi acne. Propiono-bacterium Acnes atau P. acne adalah bakteri yang menyebabkan jerawat. Karena hal tersebut, jerawat juga tidak hanya ditemui didaerah wajah, tapi diseluruh permukaan kulit yang mengandung konsentrasi pori-pori yang tinggi, seperti punggung dan dada.

Selain factor yang disebutkan diatas, jerawat dan kecenderungan untuk membekas juga tergantung pada factor genetik. Jika jerawat memang menjadi masalah dikeluarga anda, kemungkinan besar anda juga akan menderitanya.

Namun ada langkah pencegahan yang bisa diambil, terutama dengan menjaga kondisi kulit dengan gizi baik dan istirahat yang cukup. Stres atau kurang tidur bisa memacu produksi hormone DHEA yang membuat produksi sebum meningkat.

Jerawat yang sudah ada bisa diobati dengan krim yang mengandung benzoil peroxide. Seperti Duraskin Acne Cream yang mengandung 5% benzoil peroxide. Jika memang keadaan jerawat sangat parah, pemakaian krim bisa dikombinasikan dengan obat minum, contohnya antibiotika dan kortikosteroid yang membantu mengurangi infeksi dan mengeringkan jerawat dari dalam. Jika keadaan jerawat sudah sangat parah/meradang, dianjurkan agar tidak memakai produk kosmetik/kecantikan sampai keadaan membaik, bahkan pelembab maupun tabir surya, karena pada beberapa kasus, pemakaian bahan-bahan tersebut bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Jerawat yang semakin parah dan tidak dirawat, bisa meninggalkan bekas.

Tapi anda tidak perlu putus asa. Duraskin menyediakan suatu program untuk mengatasi masalah jerawat sampai tuntas, yaitu dengan Acne Management Solution (AMS).

AMS adalah sebuah program yang merupakan kombinasi antara beberapa jenis perawatan yang ditujukan untuk mengatasi masalah jerawat. Karena ada bermacam-macam tipe jerawat dengan penanganan yang berbeda-beda pula, dokter konsultan akan mengevaluasi kondisi jerawat dan kulit masing-masing pasien sebelum membuatkan program yang sesuai untuk setiap pasien.

Perawatan jerawat membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, karena itu dianjurkan untuk mengikuti program AMS agar hasil lebih optimal. Obat-obatan minum mungkin akan diresepkan oleh dokter agar membantu proses penyembuhan. Disamping itu perubahan gaya hidup dan pola makan juga perlu.
Jenis Treatment

1. Dura Light Peeling
Menggunakan asam buah-buahan untuk mengelupas sel kulit mati. Karena kulit berjerawat cenderung berminyak dan bersifat basa, asam akan menetralisir pH kulit. Hasilnya jerawat kering dan lebih cepat sembuh
--->> Setiap 2-4 minggu sekali
2. Acne Clearence
Teknologi phototherapy menghasilkan energy panas dan cahaya yang langsung menuju target kulit. Energi ini akan membunuh bakteri P. acne, penyebab jerawat,
--->> 2 kali seminggu selama 4 minggu
3. Acne Injection
Injeksi steroid pada jerawat yang meradang untuk mengurangi pembengkakan
--->> Seperlunya
4. Dura Micro Peel
Pengelupasan mekanis dengan diamond tip tanpa Kristal. Dura Micro Peel membantu menghilangkan bekas jerawat, baik dari segi tekstur maupun warna, dengan merangsang pertumbuhan sel kulit baru
--->> Setiap 2-4 minggu sekali
5. ActivCell
Teknologi radiofrequency digunakan untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat jerawat, baik bekas jerawat (scar) ataupun warna kulit yang tidak merata dengan memperbaiki produksi kolagen dan kinerja sel kulit
--->> 2 minggu sekali selama 4 minggu, lalu maintenance 1 bulan sekali

No comments:

Post a Comment